Case Study

Cerita Seradia: Awal Mula Hingga Kini Menyala

Mulai saat Pandemi

Pada awal 2020, brand Hijab bernama Seradia memulai perjalanannya bersama MGDverse di industri fashion online. Dengan harapan tinggi, mereka memulai dengan beberapa produk hijab dan segera menerapkan strategi pemasaran digital melalui iklan di platform Meta. Namun, tantangan muncul cepat; ROAS (Return on Advertising Spend) mereka stagnan di bawah 1.6 dengan biaya per pendapatan melebihi 100%. Upaya untuk meningkatkan engagement melalui berbagai jenis konten tidak membuahkan hasil yang signifikan, dengan CTR (Click-Through Rate) yang rata-rata masih di bawah 0.76%.

Mereka juga mencoba jurus endorsement dengan membagikan voucher ke 10 micro Key Opinion Leaders (KOL), tetapi dari banyaknya audience yang dijangkau 10 micro KOL hanya dua yang akhirnya melakukan redeem. Aktivasi promosi seperti giveaway dan diskon sudah dilakukan dan menghasilkan kenaikan revenue pada akhir tahun 2020. namun ketergantungan pada diskon tidak terbukti sebagai solusi jangka panjang, karena pada awal tahun 2021 revenue kembali turun dan cost per revenue kembali naik.

Aktivasi Seradia 2020
Peningkatan Revenue dan Ads Spent Seradia 2020

Momen Kebangkitan

Kami, tim dari MGDverse, melakukan analisis menyeluruh terhadap branding, produk, dan harga dari para pesaing Seradia di industri hijab. Melalui analisis ini, kami menyimpulkan bahwa terdapat peluang yang signifikan untuk mengembangkan produk baru, khususnya dalam kategori mukena. Mengambil langkah strategis, pada bulan Ramadan 2021, Seradia memutuskan untuk meluncurkan produk mukena. Langkah ini didukung oleh pemesanan awal yang dibuka pada bulan April, serta partisipasi aktif dalam berbagai aktivasi promosi yang ditawarkan oleh platform Tokopedia.

Hasilnya, luar biasa. Traffic ke situs web mereka meningkat 57.25%, sementara peningkatan revenue Tokopedia mencapai 626.69%. Hal ini membawa kepercayaan diri baru bagi Seradia. 

Dengan demikian, Seradia tidak hanya mengikuti tren pasar, tetapi juga memanfaatkan momen yang tepat untuk memperluas portofolio produk mereka. Ini adalah langkah strategis yang membantu meningkatkan visibilitas merek dan memperluas pangsa pasar mereka dalam industri hijab.

Ekspansi dan Inovasi Produk

Setelah keberhasilan di bulan Ramadan 2021, Seradia mengambil langkah berani dengan bergabung ke Shopee Mall, meluncurkan koleksi mukena baru, serta hijab dengan harga dibawah Rp160,000. Mereka juga mengganti material, pattern, dan warna hijab. Koleksi "Timeless" mereka diluncurkan secara eksklusif di Shopee, menghasilkan peningkatan average order value sebesar 29.64%, peningkatan revenue di website 91.16%, serta peningkatan tiga kali lipat dari profile visit di Shopee dan peningkatan revenue di Shopee sebesar 378.95%.

Konsistensi dan Kolaborasi Strategis

Seradia terus konsisten dalam upayanya, mengambil setiap kesempatan untuk meningkatkan kesadaran merek. Pada akhir 2021, mereka mulai mengambil langkah strategis dengan bergabung dengan jasa KOL Management dari Voice by MGD untuk mencari micro, nano, dan mid-tier KOL yang tepat. 

Kolaborasi eksklusif dengan Fitri Tropica pada Desember 2021 - Januari 2022 meningkatkan revenue mereka untuk dua bulan dengan alokasi budget iklan tiga kali lipat dari biasanya, meningkatkan revenue year on year sebanyak 20.57 kali, serta peningkatan ROAS (Return on Advertising Spend) dari koleksi mukena pertama sebesar 89.90% dan peningkatan CTR (Click-Through Rate) setelah kolaborasi sebesar 72.77%

Perjalanan Seradia menunjukkan pentingnya adaptasi dan pemahaman mendalam tentang pasar serta kebutuhan pelanggan. Memiliki kesadaran bahwa kemajuan bisnis mereka tidak hanya mengandalkan advertising, mencari segala kesempatan yang bisa mereka lakukan untuk meningkatkan exposure brand mereka. Dengan strategi yang tepat dan eksekusi yang konsisten, brand dapat mengatasi awal yang sulit dan berkembang menjadi pemain kuat di industri mereka. Ini adalah pelajaran berharga bagi setiap pemula di dunia bisnis.

Di MGDverse, kami percaya bahwa kesuksesan brand Anda lebih dari sekadar digital advertising. Kami menyediakan dukungan komprehensif untuk tidak hanya mengembangkan brand Anda, tetapi juga untuk memahami lebih dalam nilai yang Anda tawarkan. Mari menyala dan capai milestone Anda bersama MGDverse

Digital Marketing
fashion online
hijab
Key Opinion Leader
Influencer
KOL Management